30 Manfaat Pare, Dari Atasi Maag Hingga Cegah Kanker

30 Manfaat Pare, Dari Atasi Maag Hingga Cegah Kanker
Sumber: Google

30 manfaat pare- Siapa sih yang gak kenal sayur pare? Sayur dengan rasa pahit yang khas ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh tetapi tak banyak yang mengetahui manfaat-manfaat yang terkandung dalam pare atau paria ini. Pare (Momordica charantia L.) merupakan tanaman rambat yang bisa ditemukan di negara tropis ataupun subtropis. Pare memiliki sebutan yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia seperti paria, pare pahit, pepareh, prieu, fori, pepare, kambeh, paya, truwuk, paitap, paliak, pariak, pania, pepule, poya, pudu, pentu, paria belenggede, dan palia.

Pare masuk ke dalam famili cucubitaceae dan banyak ditemukan di Asia Selatan, Asia Tenggara, China, Afrika, dan Karibea. Selain dagingnya yang memiliki banyak kandungan bermanfaat, ternyata daun dan bijinya pun memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat. Karena kandungan-kandungannya, pare dipercaya memiliki segudang manfaat. Berikut ini 30 manfaat pare yang wajib diketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Pare kaya akan serat, mineral, dan berbagai vitamin yang mampu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan.

2. Mengatasi Sembelit

Serat, mineral, dan berbagai vitamin yang terkandung dalam pare dapat memicu gerakan peristaltik sehingga pare mampu mengatasi sembelit.

3. Mencegah Obesitas

Mengutip dari sebuah tesis, dikatakan pare bisa digunakan sebagai penambah nafsu makan. Namun siapa sangka di balik khasiatnya sebagai penambah nafsu makan pare juga dapat mencegah obesitas. Serat dalam pare dapat mencegah rasa lapar berlebih dan pare juga dapat mengurangi lemak perut dalam jumlah tinggi yang berpeluang menimbulkan obesitas.

4. Mengatasi Diabetes

Pare memiliki zat anti diabetes seperti charantine, dan peptide yang menyerupai insulin. Kedua zat ini dipercaya mampu mengatasi diabetes tipe 2.

5. Mencegah HIV/AIDS

Pare mengandung zat-zat yang diketahui dapat menekan laju perkembangan virus HIV/AIDS, dengan kata lain pare dapat berguna sebagai obat pencegahan HIV/AIDS.

6. Menyehatkan Mata

Pare mengandung beta karoten dan vitamin A yang dapat menyehatkan mata. Selain itu, vitamin C dalam pare juga dapat mencegah gangguan mata akibat proses oksidasi.

7. Mengobati Panas Dalam dan Sariawan

Kekurangan vitamin C merupakan salah satu penyebab terjadinya panas dalam dan sariawan. Kandungan vitamin C dalam pare dapat mengobati panas dalam dan sariawan akibat kurangnya asupan vitamin C.

8. Mengatasi Infeksi Kulit dan Jerawat

Pare memiliki sifat antiinflamasi dan bisa mengatasi infeksi sehingga mengonsumsi pare secara teratur dipercaya mampu mengobati jerawat.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pare dipercaya sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam pare dapat membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

10. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Kandungan kalium dalam pare mampu menjaga tekanan darah dan kandungan zat besi serta asam folat dipercaya dapat menurunkan resiko stroke dan menjaga kesehatan jantung.

11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pare dipercaya masyarakat sebagai alternatif alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena kandungan kalium dalam pare dapat menyerap natrium berlebih dalam tubuh. Natrium berlebih akan menyebabkan tubuh menahan air dengan tingkat melebihi ambang batas normal sehingga tubuh meningkatkan volume darah dan tekanan darah.

12. Melancarkan Sirkulasi Darah

Pare dipercaya mampu membersihkan jalur sirkulasi darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

13. Mencegah Kanker

Melansir NCBI berjudul Bitter Melon: a Panacea for Inflammation and Cancer, pare mengandung antiinflamasi, antioksidan, antikanker, dan berbagai nutrisi baik lainnya yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

14. Mencegah Penuaan Dini

Melansir hot.liputan6.com, pare dapat memurnikan darah dan menjadikan kulit bebas toksin. Toksin adalah zat baracun yang diproduksi sel dalam tubuh. Tidak adanya toksin dalam kulit dapat mencegah penuaan dini.

15. Membantu Mengatasi Asma

Pare memiliki sifat anti inflamasi, anti virus dan anti histamin yang dipercaya dapat meredakan asma.

16. Mengatasi Peradangan Kulit

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pare mampu mengatasi peradangan pada kulit karena sifat antiinflamasi yang dimilikinya.

17. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Sifat antibakteri pare dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka sehingga luka akan cepat sembuh.

18. Mengatasi Rambut Rontok

Tidak akan ada yang menyangka bahwa pare dapat mengatasi rambut rontok. Dan inilah salah satu manfaat pare yang jarang diketahui. Kandungan vitamin C dan betakaroten dalam pare mampu mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut lebih cepat.

19. Mengatasi Rambut Berminyak, Melembutkan Rambut, dan Mengatasi Rambut Bercabang serta Kusut

Manfaat pare untuk rambut lainnya adalah mengurangi kelebihan minyak pada rambut, melembutkan rambut, dan mengatasi rambut kusut yang bercabang.

20. Menghilangkan Ketombe

Sebelumnya dijelaskan bahwa pare memiliki sifat antiinflamasi dan ternyata sifat antiinflamasi ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan ketombe. Dari 30 manfaat pare, ternyata salah satunya adalah untuk rambut. Cara menghilangkan ketombe dengan pare cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan pare parut pada kulit kepala khususnya bagian yang berketombe.

21. Mengobati Penyakit Kulit

Mengonsumsi pare secara rutin dipercaya mampu mengobati penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

22. Menurunkan Panas

Daun pare dipercaya masyarakat sebagai alternatif alami untuk menurunkan demam. Kandungan dalam daun pare seperti yang sudah disebutkan di atas mampu menurunkan panas demam.

23. Mengatasi Cacingan

Anak-anak pasti tidak menyukai pare karena rasa pahitnya. Padahal rasa pahit ini dapat mencegah pertumbuhan cacing dan telurnya. Selain itu, pare juga mengandung racun alami yang tidak berbahaya namun cukup berbahaya untuk membunuh cacing.

24. Mengurangi Nyeri Haid dan Melancarkan Haid

Pare mampu melancarkan sirkulasi darah termasuk sirkulasi darah pada perut. Hal itulah yang dapat mengurangi rasa nyeri saat haid. Selain itu, pare juga berkhasiat untuk melancarkan haid dan dipercaya para wanita zaman dahulu sebagai obat herbal pelancar haid.

25. Melancarkan ASI

Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia, dan antioksidan yang mampu meningkatkan produksi ASI dan membuat ASI lebih kental.

26. Mengobati Batuk

Pare terbukti mampu mengobati batuk. Baik buahnya maupun daunnya sama-sama memiliki khasiat untuk mengatasi batuk.

27. Mengatasi Bisulan

Bisul disebabkan oleh bakteri dan darah yang kotor. Pare memiliki sifat antibakteri dan mampu membersihkan darah, dengan kata lain pare mampu menghilangkan penyebab bisul sehingga bisul dapat diatasi.

28. Menambah Nafsu Makan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa di Indonesia pare digunakan sebagai penambah nafsu makan. Hal itu karena kandungan momordicin dalam pare yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi pencernaan.

29. Membantu Mengatasi Penyakit Liver

Pare bisa membantu membersihkan liver dan itu akan sangat membantu penderita penyakit liver. Selain itu, mengonsumsi pare juga dapat melindungi liver dan menjauhkannya dari kanker.

30. Mengatasi Asam Lambung dan Maag

Rasa pahit pada pare membantu menyeimbangkan asam lambung dan mencegah peningkatan asam lambung. Pare juga dikenal sebagai tanaman yang biasa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan salah satunya maag. Konsumsi masakan pare atau pare sebagai lalapan sangat bagus dalam menetralisir asam lambung, tapi masakan sama sambel buat lalapannya jangan yang pedes-pedes ya😅.

Beberapa kreasi masakan pare yang bisa kalian coba

Nah itu dia 30 manfaat pare yang dapat mimin sampaikan. Pare sangat kaya akan manfaat. Bukan sekedar sayur pahit yang bisa mengatasi masalah maag, pare jauh lebih berguna dari itu. Sekian dari formagon.com, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mencicipi pare😊.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *