9 Cara Mencegah Perut Kembung Yang Mudah Dilakukan

9 Cara Mencegah Perut Kembung Yang Mudah Dilakukan
Sumber: Google

Cara mencegah perut kembung– Perut kembung sangat tidak nyaman bukan, sehingga kita ogah untuk mengalaminya. Sayangnya gejala kembung ini adalah salah satu hal yang paling sering terjadi di masyarakat. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung, untuk itu kita harus menghindari hal-hal tersebut. Ingat slogan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Nah berikut ini adalah beberapa cara mencegah perut kembung beserta sedikit penjelasannya.

1. Jangan makan dengan terburu-buru dan kunyah makanan hingga halus

Makanan yang belum terkunyah dengan benar akan menyulitkan lambung dan usus saat mencernanya lebih jauh sehingga terjadilah produksi gas berlebih. Selain itu, makan dengan cepat akan membuat kalian makan lebih banyak karena otak memerlukan setidaknya 20 menit untuk merasakan sinyal kenyang saat makan.

2. Hindari/kurangi makanan yang dapat meningkatkan gas dalam lambung

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan gas dalam lambung, misalnya sayuran dalam keluarga kubis, mereka mengandung serat dan gula yang sulit dicerna apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Untuk itu pastikan kalian memasaknya dengan benar atau mengurangi konsumsinya. Kalian juga harus menghindari minuman berkarbonasi (soda), jika memang ingin mengonsumsinya biarkan botol/kaleng minuman terbuka selama beberapa saat sebelum meminumnya.

3. Hindari/kurangi makanan berlemak

Makanan berlemak adalah makanan yang bertahan paling lama di lambung dibanding karbohidrat dan protein. Hal itu karena lemak sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan perut kembung akibat produksi gas berlebih selama proses pencernaannya.

4. Jangan merokok

Ketika merokok, tanpa disadari kalian menelan lebih banyak udara dari orang-orang yang tidak merokok. Selain itu zat kimia dalam rokok juga memperburuk keadaan sehingga tidak ada keuntungan sama sekali dari rokok ini. Sadar tak sadar kalian telah meracuni diri sendiri dan orang-orang di sekitar kalian dengan merokok.

5. Jangan berbicara saat makan

Ketika kalian berbicara saat sedang makan, akan lebih banyak udara yang ikut tertelan bersama makanan dibanding saat kalian makan dengan diam. Selain itu, makan sambil berbicara juga bisa membuat kalian tersedak loh. Tersedak mungkin terdengar tidak berbahaya, tapi kalian harus tahu bahwa tersedak juga bisa menyebabkan kematian.

6. Batasi konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan berserat memang bagus untuk tubuh, ia juga sangat baik dalam melancarkan pencernaan. Tetapi makan terlalu banyak makanan berserat tinggi bisa menyebabkan kembung loh.

7. Tidak menahan buang air besar

Menahan buang air besar akan memberikan sensasi tidak nyaman pada perut, salah satunya kembung. Selain itu, menahan pup juga bisa memberikan efek negatif seperti ambeien/wasir, sembelit dan efek buruk lainnya. Untuk itu biasakan untuk menyegerakannya.

8.Kurangi kebiasaan mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet membuat kalian menelan lebih banyak udara sehingga membuat perut kembung. Jika kalian mengunyah permen karet untuk diet atau berhenti merokok, kalian bisa mengimbanginya dengan lebih sering minum air putih. Karena air akan membuat saluran pencernaan terus bergerak dan membantu mengusir udara dari sistem cerna.

9. Batasi porsi makan

Seperti yang kalian ketahui bahwa terlalu banyak makan bisa menyebabkan perut kembung sehingga membatasi porsi makan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah perut kembung.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perut kembung.

Sekian dari formagon.com, semoga bermanfaat dan selamat mengamalkan😊.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *