Maag? Atasi Dengan 9 Bahan Herbal Alami Berikut Ini

Maag? Atasi dengan 9 bahan herbal berikut ini
Sumber: Google

Maag- Kalian pasti mengenal penyakit maag yang gejalanya nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah. Namun tak jarang dari kalian yang menyepelekannya karena berpikir akan sembuh dengan sendirinya. Maag memang mudah disembuhkan tetapi akan menjadi sangat parah bahkan bisa merenggut nyawa penderitanya (jika terjadi komplikasi) apabila tidak diobati dengan benar. Dalam istilah medis, sebenarnya maag disebut dispepsia dan bukan merupakan penyakit melainkan gejala dari gangguan lambung seperti gerd, infeksi lambung, radang lambung atau gatritis, dan tukak lambung.

Ada banyak obat kimia yang dibuat secara khusus untuk menyembuhkan maag. Tetapi banyak orang yang lebih memilih cara yang alami karena dinilai lebih aman. Nah untuk kalian yang lebih menyukai cara yang alami, berikut ini adalah bahan herbal yang mampu meredakan maag dan cara penyembuhan penyakit maag yang alami.

1. Madu

Melansir Reflux MD, madu mengandung vitamin, mineral, enzim, dan asam amino. Dengan kandungan-kandungan tersebut, madu sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati maag karena madu memiliki sifat antibakteri yang mampu meningkatkan sistem imun, melindungi pencernaan dan lambung dari bakteri atau kuman penyakit (Helicobacter pyloti, si virus maag) serta mampu menurunkan kadar asam lambung.

Untuk mengatasi maag dengan madu, kalian bisa meminum 1-2 sendok madu murni setiap pagi sebelum makan sebagai upaya pencegahan atau mengonsumsi perasan air lemon yang dicampur dengan madu dan air hangat (jika gejala maag yang timbul bukan karena gerd).

2. Pare (Momordica Charantia)

Sayur dengan rasa pahit yang khas ini ternyata bisa mengobati maag karena mengandung beberapa nutrisi seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, antioksidan, karbohidrat, dan kandungan serat yang mampu meredakan asam lambung. Rasa pahit yang ada pada pare memiliki khasiat untuk menstimulasi sekresi lendir yang dapat menyeimbangkan asam lambung, mencegah tukak lambung, dan menyehatkan pencernaan.

Kalian bisa memakan pare secara langsung, merebusnya, atau bahkan memasaknya (jangan buat masakan yang terlalu berminyak, berlemak dan pedas).

3. Air Kelapa (Cocos Nuciffera)

Air kelapa memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk mengatasi maag. Di dalam air kelapa terkandung senyawa aktif yang dapat mengendalikan refluks asam lambung, menetralkan asam lambung, mengatasi dan mencegah kambuhnya maag, serta menyehatkan lapisan lambung.

Minumlah air kelapa muda secara langsung, konsumsi secara rutin bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

4. Jambu Biji (Psidium guajava)

Jambu biji adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia, siapa yang mengira buah bulat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk maag. Melansir health.kompas.com, jambu biji mengandung senyawa tanin yang bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang virus. Kandungan lain dari jambu biji juga efektif meringankan nyeri akibat maag dan menyehatkan lambung.

Kalian bisa mengonsumsi jambu biji secara langsung untuk membantu mencegah maag kambuh. Tapi ingat walaupun jambu biji baik bagi kesehatan dan cukup enak, kalian tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

5. Kayu Manis (Cinnamonum Burmani)

Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang khas sehingga sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan dan minuman. Kayu manis juga banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal. Melansir buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiat 2 karya Drs. H. Arief Hariana, kayu manis mengandung minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tannin, flavonoid, kalsium, oksalat, dan damar. Kandungan tersebutlah yang menjadikan kayu manis mampu mengobati maag dan efektif melindungi lambung, menetralkan asam lambung, serta meringankan rasa sakit pada perut.

Untuk mengatasi maag dengan kayu manis, kalian bisa meminum air rebusan kayu manis. Rebus dua gelas air dengan kayu manis (kalian bisa menambahkan rempah lain seperti jahe) hingga mendidih dan menyisakan satu gelas air. Lalu minum selagi hangat.

6. Jahe ( Zingberis Rhizoma)

Siapa yang tidak mengenal jahe. Tanaman rimpang ini memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menyembuhkan sagala macam masalah perut, termasuk penyakit asam lambung. Melansir halodoc.com, jahe kaya akan antioksidan dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan seperti fenolat yang dikatakan mampu meredakan iritasi pada saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Dengan kata lain jahe mampu mengatasi mual, meredakan nyeri pada perut, ulu hati, dan lambung.

Cara mengatasi maag dengan jahe cukup beragam kalian bisa membuat jahe menjadi wedang, merebusnya bersama teh, menambahkannya kedalam sup, atau cukup diseduh dengan air panas.

7. Kunyit (Curcuma Domestica)

Kunyit kaya akan senyawa antiradang dan antioksidan. Kunyit juga mengandung bahan aktif yaitu kurkumin, kurkumin inilah yang memberi manfaat kesehatan pada kunyit sehingga kunyit ampuh meredakan gejala maag, menguatkan dan menyehatkan dinding lambung, meringankan rasa nyeri dan panas pada perut.

Untuk mengobati maag dengan kunyit, kalian bisa minum air parutan kunyit. Jika kalian malas untuk membuatnya sendiri, kalian bisa membeli jamu kunyit di mba jamu yang kalian percaya.

8. Jintan Hitam/Habbatussauda (Nigella Sativa)

Jintan hitam atau habbatussauda adalah biji-bijian yang diketahui mengandung antioksidan tinggi. Karena kandungannya ini, jintan hitam berguna dalam meminimalisasi peradangan termasuk peradangan di lambung. Jintan hitam juga sangat ampuh mencegah pembentukan gas pada saluran pencernaan, mengobati maag, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Jintan hitam tidak bisa dikonsumsi secara langsung, oleh karena itu kalian harus menyangrainya terlebih dahulu. Sangrai jintan hitam di atas wajan. Setelah disangrai tumbuk hingga halus. Lalu simpan di wadah yang kedap udara. Konsumsi 2 kali sehari 1 sendok teh. Jika kalian malas menumbuknya, kalian bisa membuat air rebusan jintan hitam.

9. Pala (Myristica Fragrans)

Pala adalah salah satu rempah yang cukup terkenal di Indonesia, sudah menjadi rahasia umum kalau pala sering digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, maag salah satunya. Melansir jurnal berjudul Manfaat Kesehatan Tanaman Pala, biji pala bersifat karminatif, stomakik, stimulan, spasmolitik, antiemakik alias antimual. Pala juga berfungsi sebagai penenang alami, mencegah maag kambuh akibat stress yang merupakan salah satu pemicu kambuhnya maag.

Untuk pala kalian bisa menyeduh biji pala dengan air hangat dan meminumnya satu kali sehari selama 30 hari.

Nah itu dia 9 bahan herbal yang dipercaya efektif dalam mengatasi maag. Sekian dari formagon.com, semoga bermanfaat dan selamat mencoba╰(*°▽°*)╯.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *