Maag, Faktor Resiko, Gejala Hingga Bahaya yang Menyertainya

Maag, Faktor resiko maag, Gejala maag, dan Bahaya Maag (1)

Dalam artikel-artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara mencegah maag, cara mengatasi maag dengan alami, hingga fakta unik seputar maag. Tapi setelah semua itu, kita bahkan belum membahas dengan benar penjelasan tentang maag itu sendiri. Untuk itu, dalam artikel kali ini farmagon.com akan membahas maag, resiko maag, gejala maag hingga bahaya yang menyertainya.

Apa itu Maag?

Sumber: Google

Maag dalam istilah medis dikenal dengan sebutan dispepsia merupakan sebuah kondisi tidak nyaman pada perut bagian atas yang mengindikasikan gangguan pada saluran pencernaan. Jadi, maag bukanlah penyakit tetapi gejala dari sebuah penyakit.

Apa saja faktor resiko nya?

Sumber: Google

Maag adalah sebuah kondisi yang sering dijumpai di masyarakat. Maag bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang usia ataupun gender. Tua, muda, pria, wanita, semuanya bisa terkena maag. Berikut ini akan disebutkan beberapa faktor yang akan meningkatkan peluang seseorang untuk terkena maag.

1. Memiliki masalah emosional, misalnya gangguan kecemasan atau depresi
2. Mengonsumsi obat-obatan yang bisa memicu maag, misalnya obat antiinflamasi nonsteroid
3. Orang yang makannya banyak
4. Orang yang makan dengan cepat
5. Orang yang suka makan makanan berminyak, berlemak, pedas dan asam
6. Orang yang banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda
7. Maniak coklat yang makan coklat tiap hari
8. Kelebihan berat badan (obesitas)

Nah bagaimana kawan, apakah kalian termasuk orang yang memiliki faktor resiko? Jika iya, mulai kurangi ya kalau bisa hindari😉.

Bagaimana gejala nya?

Gejala maag ini beragam, mulai dari mual, sakit perut bagian atas, hingga muntah. Namun bagaimana kah gejala maag yang lebih spesifik? Simak paparan berikut ini untuk mengetahui gejala nya.

1. Cepat merasa kenyang dan akan terus merasa kenyang dalam jangka waktu yang panjang. Ini mungkin gejala awal maag, tetapi kalian yang mengalami hal ini harus mulai waspada karena jika dibiarkan mungkin gejalanya akan bertambah dan mulai menjadi parah.
2. Mual, muntah, dan sulit menelan
3. Kembung dan sering bersendawa
4. Nyeri ulu hati dan dada terasa terbakar
5. Napsu makan menurun
6. Tidak toleransi terhadap makanan berlemak
7. Berat badan menurun tanpa sebab, dari sini kalian disarankan untuk melakukan pengobatan yang lebih serius karena maag kalian sudah masuk tahap yang berat dan harus segera ditangani dengan benar.
8. Naiknya asam lambung
9. Mual dan muntah secara terus menerus
10. Kotoran (tinja) berwarna gelap dan mengandung darah
11. Muntah darah
12. Nyeri perut secara tiba-tiba dan sangat menyakitkan
13. Sulit bernapas
14. Anemia

Apa saja bahaya nya jika tidak ditangani dengan benar?

Sebagian maag memang bersifat ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi tak jarang karena sering disepelekan pada akhirnya maag ini berubah menjadi maag yang berat dan menimbulkan masalah yang lebih serius. berikut ini akan diberitahukan bahaya maag jika tidak segera ditangani saat masih ringan.

1. Pendarahan dan tukak lambung
2. Iritasi dan peradangan lambung
3. Anemia
4. Esofagitis atau radang kerongkongan
5. Striktur esofagus atau penyempitam kerongkongan
6. Barret esofagus dan kanker esofagus. Barret esofagus adalah kondisi dimana sel kerongkongan luka dan menyebabkan kanker kerongkongan (kanker esofagus)
7. Pendarahan dan kanker lambung

 

Nah itu dia sedikit paparan tentang maag, faktor resiko, gejala hingga bahaya yang menyertainya. Semoga bermanfaat, sehat selalu ya kawan😁.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *