Makanan Untuk Asam Lambung, Makan Aman Tanpa Khawatir

Sumber: Google

Makanan untuk asam lambung– Seperti yang kita ketahui asam lambung bisa naik oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena makanan yang kita makan. Untuk itu kalian yang memiliki lambung yang sensian alias mudah banget meluap-luap asam lambungnya harus menjaga makanan yang masuk ke dalam lambung kalian. Lantas makanan seperti apa yang aman untuk asam lambung? Simak sedikit penjelasannya berikut ini. Merangkum dari berbagasi sumber, berikut ini adalah beberapa makanan yang aman dan baik untuk asam lambung.

Makanan untuk asam lambung
Sumber: Google

Makanan penahan asam lambung

1. Makanan yang tinggi serat

Beberapa makanan yang tinggi serat antara lain, biji-bijian utuh seperti oatmeal dan beras merah, umbi-umbian seperti umbi jalar dan wortel, serta sayuran hijau seperti asparagus, kembang kol, brokoli, dan kacang hijau. Asam lambung naik biasanya dikaitkan dengan makan terlalu banyak, serat bisa membuat kita merasa kenyang lebih cepat sehingga bisa mencegah naikknya asam lambung karena terlalu banyak makan. Selain itu, serat juga baik untuk pencernaan.

2. Makanan yang bersifat basa atau alkali

Makanan yang bersifat basa beberapa diantaranya adalah buah (alpukat, tomat, lemon, anggur, kelapa muda), sayur (asparagus, brokoli, ubi, seledri, wortel, basil), biji-bijian, legume, kacang-kacangan (almond, biji labu, biji bunga matahari, flaxseed), jus buah tanpa gula, dan tahu. Makanan alkali bisa membantu menetralkan asam lambung, karena basa adalah kebalikan dari asam.

3. Makanan yang berair

Mengonsumsi makanan yang berair mampu mengencerkan asam lambung dan melemahkannya. Beberapa makanan berair yang dianjurkan adalah seledri, selada, mentimun, dan semangka. Kalian juga bisa makan sup bening atau minum teh herbal.

Makanan yang bisa menetralkan asam lambung

1. Jus lemon

Beberapa dari kalian mungkin akan berpikir artikel ini sesat ketika membaca bagian ini. Tenang artikel ini dibuat berdasarkan riset, jadi gak mungkin sesat. Begini penjelasannya, lemon itu memang asam tapi sedikit jus lemon yang dicampur air hangat dan madu akan memiliki sifat basa yang mampu menetralkan asam lambung.

2. Air rebusan jahe

Jahe terkenal sejak lama sebagai rempah yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Cara mudah menetralkan asam lambung salah satunya adalah dengan air rebusan jahe. Cara merebus jahe ini sangat mudah, kalian hanya perlu menggeprek jahe yang sudah dicuci bersih lalu memasukkannya ke dalam air yang sedang mendidih. Diamkan hingga aroma jahe tercium, setelah itu kalian bisa mematikan kompor dan memindahkan air rebusannya ke gelas untuk di minum (Minumnya tunggu agak dingin dulu ya😅) atau kalian bisa menyimpannya di termos jika tak ingin langsung meminumnya. Tapi perlu diingat, konsumsi jahe tidak boleh terlalu banyak juga ya karena malah akan memberikan efek yang sebaliknya.

3. Susu tanpa lemak atau yoghurt

Seseorang bernama Gupta mengatakan bahwa susu bisa membantu meredakan gejala panas di dada (heartburn) karena asam lambung. Susu yang ia maksud adalah susu tanpa lemak, karena untuk susu yang tinggi lemak bukannya membantu meredakan justru malah akan memperburuk keadaan akibat lemak yang terkandung di dalamnya. Yoghurt yang merupakan olahan susu juga memiliki efek yang sama. Selain itu, yoghurt mengandung bakteri baik yang bagus untuk sistem pencernaan.

4. Lidah buaya

Mengonsumsi lidah buaya secara rutin dipercaya dapat mencegah kelonjakan asam lambung karena sifat antiinflamasi yang lidah buaya miliki bisa mengendalikan asam lambung.

Aman dimakan selama tidak berlebihan

1. Nasi putih, nasi putih aman untuk asam lambung selama dikonsumsi dalam jumlah yang normal dan tidak berlebihan ya.
2. Daging tanpa lemak, daging yang tidak memiliki lemak masih aman untuk dikonsumsi tetapi harus dalam takaran yang normal.
3. Roti, beberapa orang menganggap roti tidak baik untuk asam lambung tetapi roti yang terbuat dari gandum dan mengandung biji-bijian masih bisa diterima jika dimakan dalam jumlah yang wajar.
4. Putih telur, disarankan untuk menghindari kuning telur karena lemak yang terkandung kuning telur bisa memicu asam lambung.

Nah kalian yang punya lambung sensitif bisa memikirkan menu-menu makanan yang aman berdasarkan makanan-makanan di atas. Dan hindari makanan yang bisa membuat asam lambung kalian bergejolak dan naik, untuk mengetahuinya kalian bisa klik tulisan ini.

Sekian dari formagon.id, semoga bermanfaat😊.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *